Apakah Glucosamine Efektif Mengobati Arthritis & Nyeri Sendi?

kesehatandankeluarga.com – Produk & Kesehatan Keluarga USANA


Pada tahun 1997, terbit buku berjudul “The Arthritis Cure” yang membahas tentang penyembuhan penyakit arthritis.

Sejak saat itu, dokter, apoteker, dan penderita arthritis telah sering diminta pendapat tentang efektivitas glucosamine sebagai pengobatan untuk arthritis.

Kata “menyembuhkan” dalam judul buku tersebut membuka harapan banyak orang yang menderita penyakit ini.

Cara Kerja Glucosamine

Glucosamine ditemukan dalam konsentrasi tinggi di sendi.

Glucosamine diyakini merangsang pembentukan tulang rawan yang sangat penting untuk perbaikan sendi.

Dalam percobaan pada hewan, glucosamine sulfate yang diambil secara oral memiliki efek menguntungkan pada peradangan, arthritis mekanik, dan immunological-reactive arthritis, meskipun memiliki efek lebih kecil dibandingkan indomethacin dan obat-obatan sejenis.

Glucosamine kadang-kadang dikombinasikan dengan chondroitin sulfate sebagai pengobatan untuk arthritis. Chondroitin sulfate juga ditemukan dalam tulang rawan.

Chondroitin sulfate dilaporkan mempertahankan viskositas di sendi, merangsang mekanisme perbaikan tulang rawan, dan menghambat enzim yang memecah tulang rawan.

Suplemen Kesehatan

Glucosamine juga tersedia dalam bentuk suplemen kesehatan.

Karena sifatnya yang bukan obat, suplemen kesehatan tidak boleh dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, atau mencegah penyakit.

Glucosamine tersedia di apotek dan toko obat sebagai sulfate, hydrochloride, n-acetyl atau chlorhydrate salt.

Studi Klinis

Studi terkontrol jangka pendek melaporkan bahwa glucosamine efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis dan untuk meningkatkan jangkauan gerakan.

Sebuah double-blind trial selama empat minggu yang melibatkan 252 pasien dengan osteoarthritis lutut dan diberi glucosamine sulfate 500 mg secara oral tiga kali sehari menunjukkan perbaikan kondisi lebih baik dari pasien yang diberi placebo.

Dalam double-blind trial empat minggu lain yang melibatkan 200 pasien dengan osteoarthritis lutut mengungkapkan 500 mg glucosamine sulfate sebagai efektif dalam mengurangi gejala seperti ibuprofen 400 mg yang diberikan tiga kali sehari, setelah minggu kedua.

Dalam sebuah studi double-blind trial selama delapan minggu yang melibatkan 40 pasien dengan osteoarthritis, dosis glucosamine sulfat 500 mg tiga kali sehari secara oral sama efektifnya dengan dosis ibuprofen 400 mg tiga kali sehari dalam mengurangi rasa sakit setelah dua minggu pertama.

Pada ACR Annual Meeting 2005, hasil dari dua uji coba glucosamine turut disajikan.

GAIT (Glucosamine/Chondroitin Arthritis Intervention Trial) yang didanai oleh NIH dilakukan untuk menentukan keamanan dan kemanjuran glucosamine dan chondroitin, baik diambil secara terpisah atau bersama-sama.

Selain itu, terdapat juga GUIDE (Glucosamine Unum In Die Efficacy), versi GAIT yang berada di Eropa.

Hasil GUIDE menunjukkan glucosamine lebih mampu meredakan rasa nyeri dibandingkan acetaminophen.

Sedangkan hasil GAIT menyatakan kombinasi glucosamine dan chondroitin menunjukkan hasil lebih baik daripada plasebo, tetapi manfaat tampaknya tergantung pada keparahan nyeri.

Efektivitas Glucosamine dan Chondroitin

Konsensus menyatakan bahwa suplemen glucosamine dan chondroitin mampu mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

Banyak dokter menyatakan suplemen glucosamine layak dijadikan tambahan bagi pengobatan osteoarthritis.

Suplemen untuk sendi ini dianggap aman, meskipun penggunaan harus selalu mengacu pada label suplemen.

Procosa dari USANA

Meskipun glucosamine dianggap efektif untuk mengatasi arthritis dan nyeri sendi, namun jangan tunggu sampai serangan nyeri datang lebih dulu.

Itu sebab, tambahkan glucosamine (glukosamin) pada diet harian untuk membantu menjaga kesehatan tulang rawan dan sendi.

Procosa dari USANA tidak hanya menjadi sumber glucosamine yang sangat baik, namun juga diformulasikan dengan vitamin C, mangan, dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan sendi.

Manfaat lain Procosa terdapat pada kandungan Meriva bioavailable curcumin complex, yang mampu meningkatkan aksi suplemen untuk memberikan manfaat lebih besar.

Vitamin C dan Meriva juga membantu menetralkan sel yang rusak akibat stres oksidatif.


PERTANYAAN DAN BANTUAN

Membutuhkan info lebih lanjut? Butuh bantuan mengisi formulir pendaftaran online? Semua tentang Produk USANA & Kesehatan Keluarga USANA. Hubungi:

HP/WA: 0812 3609 8098 | ADD LINE: @tanyabisnis